Pembajakan KA Gajayana Sejarah Pertama Perkereta Apian Indonesia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Aksi koboi Sertu Darso menjaedi sebuah catatan pertama bagi perkereta apian Indonesia yang sebelumnya belum pernah terjadi aksi pembajakan dengan menyandera masinisnya.

"Ini merupakan kejadian pertama bagi PT KAI. Sebelumnya belum pernah terjadi," kata Humas PT KAI Sugeng Priyono, Sabtu (27/8/2011).

Jelas Sugeng, dengan kejadian tersebut tidak mengganggu operasional kereta secara keseluruhan. karena KA Gajayana pada saat dilakukan pembajakan tidak ada penumpangnya. yang ada hanya kru KA dan petugas restorasi.

"Dengan adanya kejadian ini mulai saat ini seluruh perjalanan KA di loko akan diadakan pengawalan secara estafet baik itu dari Jakarta maupun arah sebaliknya," katanya.

Seperti diketahui, KA Gajayana Lebaran pada Sabtu (27/8) pagi dibajak oleh oknum TNI bernama Serti Darso saat melintas di Stasiun Haurgeulis Daops III Cirebon. Saat itu, Darso menodongkan senjata api dan senjata tajam ke arah masinis, Yodian Wiliarso dan asistennya Bambang Suradi.

Pelaku membajak kereta tersebut karena ingin segera bertemu dengan komandannya. Darso disergap puluhan polisi di Stasiun Senen ketika teknisi KA melakukan pengereman kereta.

Polisi sempat melepaskan tembakan sebanyak tiga kali untuk memperingatkan pelaku. Bersama dengan ditangkapnya Darso, polisi mengamankan Sugiyanto. Namun Sugiyanto dilepas kembali karena tidak terkait dengan aksi pembajakan yang dilakukan Darso.

Saat ini, pelaku termauk korban dan saksi sdh diamankan di polda metro.
Back To Top