DOMAIN .ID: My.id dan biz.id belum dapat restu idTLD

JAKARTA: Peluncuran domain Internet Indonesia baru (berakhiran .id) yaitu my.id dan biz.id ternyata belum dikoordinasikan dengan manajer id-TLD (Indonesia Top Level Domain) Budi Rahardjo.

Menurut Budi Rahardjo, domain baru itu belum dikoordinasikan secara formal kepada domain admin .id.

"Ini nggak ada hubungannya dengan ICANN [The Internet Corporation for Assigned Names and Numbers], tapi urusan internal dan harus diselesaikan secara internal juga," ujarnya kepada Bisnis melalui layanan pesan singkat (SMS) hari ini (22 Februari 2012).

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) masih mengakui Budi Rahardjo sebagai manajer id-TLD (Indonesia Top Level Domain) yang didukung oleh ITB dan IDNIC.

Wakil Ketum APJII Sammy Pangerapan mengatakan Budi Rahardjo (BR) sampai saat ini masih diakui sebagai id-TLD atau registry dari domain Indonesia (berakhiran .id)

“IDNIC itu nama lain buat APJII yang sudah di daftarkan ke DEPKUHAM sejak April 1997. APJII sebagai National Internet Registry juga dikenal sebagai IDNIC oleh APNIC sebagai pemberi mandat distributor IP di indonesia,” ujarnya.

Menurut dia, ada kerja sama antara id-TLD dgn APJII/IDNIC sejak 1997. Namun, pada 2005 terjadi perselisihan. Hal ini, tambahnya, terjadi karena adanya distorsi informasi dan gesekan kepentingan para pelaku.

“Perselisihan ini berakhir dengan di serahkannya pengopersian domain kepada pemerintah. Waktu itu yg mengelola IPTEK Net. Lalu lahir, Pandi, setelah proses yang panjang,” tuturnya.

Mengenai peran APJII, asosiasi itu mengklaim sebagai bagian dari pemangku kepentingan dalam tata kelola Internet, punya kewajiban memastikan pengelolaan Internet di Indonesia sesuai dengan kaidah-kaidah pengelolaan Internet.

Menanggapi hal itu, Ketua Umum Pandi Andi Budimansyah mengatakan kedua domain tersebut dibutuhkan oleh masyarakat, disampaikan melalui e-mail, pertemuan-pertemuan dan dimatangkan di acara diskusi.

“Sekembali dari liburan, saya akan mengkoordinasikannya lebih lanjut.”(api)
Back To Top