Tap-Izy Telkomsel Mudahkan Pembelian Tiket Kereta Api

Yogyakarta, 30 Januari 2012

Telkomsel bekerjasama dengan PT. Kereta Api Indonesia (KAI) menghadirkan layanan Tap-Izy guna memudahkan pelanggan dalam pembelian tiket Kereta Prambanan Ekspres (Prameks). Kini pelanggan yang ingin bepergian dengan rute Yogyakarta hingga Solo bisa membeli tiket Kereta Prameks dengan uang elektronik secara cepat dan mudah hanya dengan mendekatkan ponselnya ke mesin Tap-Izy di Stasiun Tugu, Lempuyangan, Purwosari, dan Solo Balapan.
Seiring dengan kehadiran layanan Tap-Izy, Telkomsel dan PT. KAI menggelar program spesial berupa promo diskon Rp 1.000 untuk pembelian tiket Kereta Prameks yang AC maupun non AC dengan menggunakan Tap-Izy. Kini transaksi pembayaran menggunakan Tap-Izy berlaku untuk wilayah Jabotabek, Solo, dan Yogyakarta. Ke depannya, layanan Tap-Izy akan hadir di wilayah-wilayah lainnya di Indonesia.
Tap-Izy-Prameks: Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti didampingi GM Sales & Customer Service Telkomsel Regional Jawa Tengah & DIY Andi Kristianto dan Direktur Komersial PT. KAI Sulistyo Wimbo Hardjito (paling kiri) mencoba layanan Tap-Izy Telkomsel untuk pembelian tiket Kereta Prameks dengan rute Yogyakarta – Solo. Kini pelanggan bisa membeli tiket Kereta Prameks dengan uang elektronik secara cepat dan mudah hanya dengan mendekatkan ponselnya ke mesin Tap-Izy di Stasiun Tugu, Lempuyangan, Purwosari, dan Solo Balapan.
VP T-Cash Management Telkomsel Ricaredo Soriano Babasa mengatakan, “Saat ini kebutuhan masyarakat untuk melakukan transaksi pembayaran secara cepat dan praktis semakin tinggi. Kehadiran layanan Tap-Izy di loket penjualan karcis kereta api merupakan upaya kami untuk memperluas jaringan titik pelayanan Tap-Izy sehingga lebih mudah dijangkau pelanggan.”

Tap-Izy-Prameks: (kiri-kanan) Direktur Komersial PT. KAI Sulistyo Wimbo Hardjito, VP T-Cash Management Telkomsel Ricaredo Soriano Babasa, GM Sales & Customer Service Telkomsel Regional Jawa Tengah & DIY Andi Kristianto, dan Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti seusai membeli tiket Kereta Prameks dengan memanfaatkan layanan Tap-Izy Telkomsel. Kini pelanggan bisa membeli tiket Kereta Prameks dengan uang elektronik secara cepat dan mudah hanya dengan mendekatkan ponselnya ke mesin Tap-Izy di Stasiun Tugu, Lempuyangan, Purwosari, dan Solo Balapan.
Tap-Izy merupakan inovasi layanan pembayaran contactless melalui ponsel pertama dan satu-satunya di Indonesia. Produk SIM card Tap-Izy telah dilengkapi dengan teknologi Radio Frequency Identification (RFID), di mana chip dan antena yang tertanam pada SIM card memungkinkan pelanggan untuk melakukan transaksi pembayaran dengan menyentuhkan ponsel ke alat pembaca (reader) yang terdapat pada mesin electronic data capture (EDC) Tap-Izy di kasir ataupun loket penjualan karcis.
Tap-Izy-Prameks: Seorang pelanggan sedang memanfaatkan layanan Tap-Izy Telkomsel untuk membeli tiket Kereta Prameks dengan rute Yogyakarta – Solo. Kini pelanggan bisa membeli tiket Kereta Prameks dengan uang elektronik secara cepat dan mudah hanya dengan mendekatkan ponselnya ke mesin Tap-Izy di Stasiun Tugu, Lempuyangan, Purwosari, dan Solo Balapan.
Untuk dapat menikmati fasilitas Tap-Izy, pelanggan kartuHALO dan simPATI harus terlebih dahulu mengganti SIM card-nya dengan SIM card Tap-Izy di GraPARI. Masyarakat juga dapat membeli perdana simPATI yang sudah dilengkapi fitur Tap-Izy di GraPARI serta gerai Indomaret dan 7-Eleven bertanda Tap-Izy.

Untuk mengaktifkan layanan Tap-Izy di SIM card, pilih “Tap-Izy” pada “T-sel Menu” di ponsel. Kemudian masukkan nomor PIN 1234, lalu pilih “Activation” untuk aktivasi. Setelah layanan Tap-Izy aktif, pelanggan dapat mengisi saldo elektronik Tap-Izy dengan nominal Rp 25.000 hingga Rp 1 juta di GraPARI serta gerai Indomaret.

Sesudah memiliki saldo di dompet elektronik ini, pelanggan langsung dapat menikmati mudahnya pembayaran tiket di loket Kereta Prameks, serta gerai-gerai merchant rekanan Telkomsel lainnya, yakni: 7-Eleven, Indomaret, Starmart, Solaria, Disc Tarra, Circle K, Alfamart, dan Cinema 21 yang berlogo Tap-Izy.

Kereta Prambanan Ekspres merupakan nama bagi layanan transportasi kereta api yang menghubungkan Kutoarjo, Yogyakarta, dan Surakarta. Kereta ini berhenti di Stasiun Kutoarjo, Jenar, Wates, Stasiun Yogyakarta (Tugu), Lempuyangan, Maguwo (Bandara Adisucipto), Klaten, Purwosari, Solo Balapan, Solo Jebres, serta Stasiun Palur di ujung timur Surakarta. Saat ini beroperasi sepuluh kali pulang pergi dan dikelola oleh PT. Kereta Api Daerah Operasi VI Yogyakarta.

“Peluncuran layanan Tap Izy melengkapi beragam kemudahan dalam pembelian tiket kereta api. Sebelumnya pengguna layanan kereta api sudah dapat memesan tiket di berbagai channel penjual, seperti Contact Center 121, Indomaret, Kantor Pos, dan agen-agen resmi yang tersebar di seluruh wilayah Daerah Operasi PT. Kereta Api Indonesia (Persero). Kami akan terus berinovasi untuk meningkatkan pelayanan,” ujar Direktur Komersial PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Sulistyo Wimbo Hardjito.

Kehadiran layanan Tap-Izy merupakan upaya Telkomsel untuk memberikan pilihan layanan pembayaran menggunakan uang elektronik yang resmi kepada masyarakat Indonesia, melengkapi ragam metode pembayaran yang telah ada. Layanan Tap-Izy sekaligus menjadi langkah nyata Telkomsel untuk mendukung program pemerintah melalui Bank Indonesia dalam upaya meningkatkan transaksi non tunai (cashless) dan mewujudkan less cash society di Indonesia.
Back To Top